Monday, April 04, 2005

sakit ;_;

indonesia lagi pancaroba. lagi pindah dari musim ujan ke musim kering. aneh ya indo ini. di bandung selatan ujan banjir. di jawa malah kekeringan. di sumatera malah tsunami, dan di nias malah gempa bumi. hutan di kalimantan tetep aja di babatin, ato dibakarin. gunung2 di irian juga terus aja diurug dan digali untuk diambil tembaganya. sekarang gunung itu uda jadi lembah. katanya lagi jepang mau bikin pabrik sampah di indonesia. tapi bukan untuk mendaur ulang sampah indo, melainkan mendaur ulang sampah jepang. jadinya org jepang kirim sampahnya untuk diproses di indo. nanti hasilnya dibawa lagi ke jepang. lha... sampahnya si sampah itu... ga dibawa pulang lagi ke jepang?
trus gw lagi kepikiran ketidakberuntungan org indo kalo diliat dari sudut pandang yg bakal gw ceritain ini: jadi, tadinya gw pikir mau berkampanye, ngajarin org untuk memilah2 sampah. tapi kalo uda dipilah ga didaur ulang, ya ga ada efeknya. nah masalahnya walaupun kita berusaha mendaur ulang, namun dikarenakan bumi indo ini begitu melimpahnya, sampai2 ongkos bikin dari bahan mentah menjadi lebih murah daripada ongkos mendaur ulang. dengan demikian, barang2 daur ulang kan kalah bersaing dengan barang2 hasil produksi dari mentah. nah, kalo barang daur ulang ga laku, ya... tewas deh industri daur ulang. kesimpulannya, indo ga bisa bebas dari belenggu sampah.
laen halnya dengan jepang yang ga punya natural resource. beli barang mentah mahal banget, makanya mereka daur ulang. yah.... kumaha atuh indonesia....
tapi tetep koq... gw lagi pikirin kampanye cerdik buang sampah. dukung ya. ^^
oya.... karena pancaroba, siang2 gw kepanasan sampe pening2, malemnya keujanan karena pulang naek motor. makanya sekarang pusing2, serak2.
oya.... paus juga uda wafat. diganti siapa ya?

6 comments:

Anonymous said...

JASH ^_^
gw SETUJUUUUU dengan recycling!! hehe.. ;p coz i'm doin recycling in skul... dats a bit worse.. I'm d 1 who has 2 go thru all d disgusting cans n bottls... hoek... +_+ tapi kmaren kpala skolah panggil gw n other ppl in Env.club 2 also do a kapanye on sampah... jadi org2 di skul gw ga littering. gila yah? meni bisa samaan gitu... jadi kita sama2 kamapnye.. ;p ahhahahahhahahaha... tapi emang org2 di skul gw jorok2. di kantin littering-nya tuh BANYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK pisan!! >_< sampe eneg... :S
ya udah deh... gud luck on ur campaign.. n gud luck on mine.. +_+

Anonymous said...

kalo ada segitu byk sampah seperti bottle dan kaleng in your school ....may i take them for free? i want to do my own recycle, so if you don't want to be bothered by them, you can inform me how to take them from you.

Okay, that's all. trims.

Tisa

Anonymous said...

Well...this is Tisa again.
Just wanna add my e-mail ad, incase you're interested utk ngasih sampahnya...the e-mail is marketing4@telkom.net

Okay, thanks a lot.

tuing2ing said...

buat Tisa, sayang banget soalnya sodara gw yg lagi ngumpulin kaleng dan botol itu ga di indo.
nanti kalo ada, you're be the first dech.

Anonymous said...

mmm...thanks for tuing2ing. I like your blog as well as tremor's blog. I try to visit regularly to see your comment abt something. If you have CD scrap(can't be used anymore)...kindly inform me too..he..he..like I said..recycle is important and bisa ciptain lap. tenaga kerja lbh byk lg. trims so much for your concern.

Anonymous said...

Pas TPU yang di BAndung tea rubuh, horor banget lah...Bandung udah kaya kota sampah, apalagi tiap pulang lewatin kumpulan sampah yang deket ITB tea, trus yang deket pasar juga...Sampe sekarang ga kepikiran gimana caranya biar tuh sampah-sampah ga jadi sampah lagi...Pokoknya bakal dukung sepenuh hati deh.Good luck!!!Pokoknya kalo ada yang gua bisa kerjain pasti gua lakuin...