Thursday, September 08, 2005

at last, some time for myself

i've spend 2 days reading books. "Sam Po Kong" by Remy Sylado (you should sing it, not spell it). and "Change!"by Rhenald Kasali. Jadi businessman tuh mikir 2 kali ya. di satu sisi, gw ngerasa ga cocok berbisnis. karena bisnis cenderung kotor, dan memang kemampuan gw berbisnis termasuk lemah baik secara mental, ilmu, strategi. but ada yang bilang bahwa: U are what U think U are.

bandung makin macet makin kebul. soalnya kebanyakan mobil padahal jalannya ga nambah. tapi nambah jalan bukan solusi. solusinya kudu mengurangi jumlah mobil. trus kebul yang dihirup setiap hari sebagian besar adalah kebul bensin yang berarti penuh kandungan timbal yang katanya bisa merusak fungsi otak alias bikin bodo. makanya mendingan juga semua mobil pake pertamax aja. supaya angkot ga naek tarif, boleh lah cuma angkot yang pake bensin. nah, dengan didorongnya orang2 untuk enggan menggunakan mobil (karena pertamax mahal), perlu juga ditarik dari depan dengan cara menyediakan sarana transportasi umum yang aman nyaman. angkot dibenahi. nyetirnya jangan ugal2an. dibikin tempat2 pemberhentian dan jadwal kedatangan. sopir diberi gaji. setiap angkot dikasi mesin penghitung jarak dan mengumpulkan ongkos serta mengeluarkan kembalian. jurusan elektro kan uda banyak, ga usa lah, jurusan mesin juga bisa. bisa koq. tinggal niatnya.

memang, berusaha sendirian di negara yang korup ini, serasa konyol. karena kadang beras jatah rakyat miskin aja yang kualitasnya jelek banget, masi diambilin ama depala desa. pengusaha pengusaha masi nyolong minyak tanah dan solar. pendek kata, orang kaya aja masi "ngambil gratis", masa kita kudu bayar mahal..?! but kalo bukan dari kita, dari siapa lagi. mulai besok, isi pertamax lagi ah.... seneng...susah... entah...

2 comments:

Anonymous said...

did u mean kepala desa?? :P hehehe di Canada aja baru di launch new bus system lebih keren, lebih nyaman..kaya naek kereta api (karena panjangnya) di jalan... harga sama... jadwal ditentukan n shockingnya..timing n datangnya bus tuh ON TIME BANGET..ga ada kata NGARET atau JAM KARET disini :p (kcuali orang2nya) hehehe.. tapi sayangnya disini jg harga bensin naek drastis yg taon kemaren dateng masih 74.5cents hari ini bisa 133.9 cents...gemana ga *gubrag* tuh yg kerja mati2an hehehe... klo jess seh ga usah bingung soalnya klo pegi2 biasa naek kaki, sepeda atau paling parah naek bus dan subway...kapan ya bandung ada subway :P jadi bisa naek subway dari bandung ke lembang...atau bahkan ke jakarta...lalalalala *dream on gurl* ^^

tuing2ing said...

memang ontime susah banget ya.
kereta jpn dari dulu uda selalu intime. datangnya selalu pas jadwal, berangkatnya apalagi.
gilanya lagi, kuliah tuh bisa mulai kalo jumlah anak uda 90% lengkap, walau ternyata masi ada bbrp menit menuju jamnya. trus murid2 kelas selanjutnya bisa nerobos masuk kalo uda waktunya kuliah. jadi kalo kaya Om Filino, uda pasti muridnya Om Fil sering kocar kacir soalnya kuliahnya belom beres, tapi mejanya uda diperebutkan ama anak2 kelas selanjutnya. heboh lah.